7  Manfaat Bersyukur Yang Terbukti Secara Ilmiah Yang mampu Memotivasi Kamu Untuk Selalu Bersyukur

0
50

Dikutip dari majalah forbes : Mengembangkan “sikap bersyukur” adalah salah satu cara paling sederhana untuk meningkatkan kepuasan Kamu terhadap kehidupan.

banyak orang mulai berpikir tentang manfaat  dari segala sesuatu yang harus mereka syukuri. bersyukur sepanjang tahun dapat memiliki manfaat luar biasa pada kualitas hidup Kamu.Sebenarnya, rasa terima kasih mungkin merupakan salah satu alat yang paling sering diabaikan yang kita semua memiliki akses untuk setiap hari melakukannya . Menumbuhkan rasa terima kasih tidak memerlukan biaya banyak dan tentu saja tidak membutuhkan banyak waktu, tetapi manfaatnya sangat besar. Penelitian mengungkapkan terima kasih dapat memiliki tujuh manfaat ini:

Dengan bersyukur membuka dirimu untuk memiliki lebih banyak hubungan.

bukan hanya mengatakan “terima kasih” merupakan perilaku yang baik, tetapi itu dapat menunjukkan penghargaanmu terhadap sesuatu dapat membantu Kamu memenangkan teman baru, menurut sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam Emotion . Studi ini menemukan bahwa berterima kasih kepada seorang kenalan baru membuat mereka lebih mungkin untuk mencari hubungan yang berkelanjutan. Jadi, apakah Kamu berterima kasih kepada orang baru yang kamu ketemui atau yang baru saja kamu kenal . dengan mengirim pesan ucapan terima kasih kepada rekan kerja yang membantu Kamu dalam suatu proyek,dan  mengakui kontribusi orang lain terhadapmu dapat mengarah pada peluang baru yang dapat kamu terima.

Bersyukur dapat meningkatkan kesehatan fisik .

Orang yang bersyukur mengalami lebih sedikit rasa sakit dan kesakitan dan mereka melaporkan merasa lebih sehat daripada orang lain, menurut sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam Personality and Individual Differences . Tidak mengherankan, orang-orang yang bersyukur juga lebih cenderung menjaga kesehatan mereka. Mereka berolahraga lebih sering dan lebih cenderung menghadiri pemeriksaan rutin dengan dokter mereka, yang kemungkinan akan berkontribusi untuk umur panjang lebih lanjut.

Syukur meningkatkan kesehatan psikologis.

 

Rasa syukur mengurangi banyak emosi negatif dalam dirimu, mulai dari rasa iri dan dendam hingga frustrasi dan penyesalan. Robert A. Emmons, Ph.D., seorang peneliti terkemuka, telah melakukan banyak penelitian tentang hubungan antara syukur dan kesejahteraan. Penelitiannya menegaskan bahwa rasa terima kasih secara efektif meningkatkan kebahagiaan dan mengurangi depresi.

Bersyukur meningkatkan empati dan mengurangi kecurangan.

Orang yang bersyukur lebih cenderung berperilaku prososial, bahkan ketika orang lain berperilaku kurang baik, menurut sebuah studi 2012 oleh University of Kentucky . Peserta penelitian yang peringkatnya lebih tinggi pada skala rasa terima kasih lebih kecil kemungkinannya untuk membalas terhadap orang lain, bahkan ketika diberi umpan balik negatif. Mereka mengalami lebih banyak kepekaan dan empati terhadap orang lain dan keinginan yang menurun untuk membalas dendam.

Orang yang bersyukur tidur lebih nyenyak.

Membuat jurnal rasa terima kasih meningkatkan kualitas tidur, menurut sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam Applied Psychology: Health and Well-Being .dengan meluangkan hanya 15 menit untuk mencatat beberapa perasaan bersyukur sebelum tidur, dan Kamu bisa tidur lebih baik dan lebih lama dan cenderung kamu mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik dan sehat.

Rasa terima kasih dapat meningkatkan harga diri kamu.

Sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam Journal of Applied Sport Psychology menemukan bahwa rasa terima kasih meningkatkan harga diri atlet, yang merupakan komponen penting untuk kinerja yang optimal. Penelitian lain menunjukkan bahwa rasa terima kasih mengurangi perbandingan sosial. Alih-alih membenci orang yang memiliki lebih banyak uang atau pekerjaan yang lebih baik – yang merupakan faktor utama dalam penurunan harga diri, orang yang bersyukur mampu menghargai prestasi orang lain.

Syukur meningkatkan kekuatan mental.

EKSPRESIKAN CINTAMU

Selama bertahun-tahun, penelitian telah menunjukkan rasa terima kasih tidak hanya mengurangi stres, tetapi juga memainkan peran utama dalam mengatasi trauma.  Sebuah studi tahun 2006 yang diterbitkan dalam Behavior Research and Therapy menemukan bahwa  para Veteran Perang Vietnam dengan tingkat rasa terima kasih yang lebih tinggi mengalami tingkat Gangguan Stres Pasca trauma yang lebih rendah. Sebuah studi tahun 2003 yang diterbitkan dalam  Journal of Personality and Social Psychology menemukan bahwa rasa terima kasih adalah penyumbang utama ketahanan mental setelah serangan teroris pada 11 September. Menyadari semua yang harus Kamu syukuri – bahkan selama masa terburuk hidup Kamu – menumbuhkan ketangguhan.

Kita semua memiliki kemampuan dan kesempatan untuk memupuk rasa terima kasih. Cukup luangkan waktu sejenak untuk fokus pada semua yang Kamu miliki – daripada mengeluh tentang semua hal yang menurut Kamu pantas Kamu dapatkan. Mengembangkan “sikap syukur” adalah salah satu cara paling sederhana untuk meningkatkan kepuasan Kamu terhadap kehidupan yang kamu jalani.

Amy Morin adalah seorang psikoterapis dan penulis 13 Hal Orang mental yang kuat Jangan lakukan .[AQL]

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini