3 Rekomendasi Menu Sarapan Praktis dan Sehat untuk Anak

0
47

Sejak melahirkan sang kesayangan, Bunda pasti telah merencanakan dengan baik pola makan yang sehat untuk pertumbuhannya. Namun, memastikan anakanak memulai hari dengan sarapan yang sehat, jadi hal yang tak mudah kan Bun.
Bunda di hari-hari yang sibuk hanya memiliki durasi yang pendek untuk menyiapkan makanan, ditambah si kecil belum semangat untuk makan, dan orangtua juga sibuk berkejaran dengan waktu.
Pada akhirnya, makanan instan tinggi lemak, siap saji dan mengandung banyak gula jadi pilihan utama. Kebiasaan sarapan tak sehat ini berkaitan erat dengan risiko penyakit diabetes, jantung dan penyakit lainnya di kemudian hari saat sang kesayangan telah beranjak remaja hingga dewasa.
Hmm, lalu apa menu sarapan yang praktis namun tetap sehat untuk anak?
Jangan berkecil hati ya Bun, ahli gizi di British Dietetic Association (BDA) dan ahli diet anak, Aisling Pigott, menyarankan tiga menu sarapan berikut ini. Ini lumayan cepat disiapkan dan kaya gizi.

1. Sereal

Sereal adalah hal yang paling disukai anakanak, namun Bunda dianjurkan cari yang rendah gula dan kadar seratnya tinggi. Ada juga lho yang kadar gulanya rendah, untuk itu selalu baca informasi gizi dalam kemasan ya Bun. Jangan asal beli.
“Sereal terbaik adalah yang berbasis bahan gandum. Padukan dengan susu dan potongan buah segar, cukup jadi bahan bakar anak untuk memulai hari,” ungkap Pigot, seperti dikutip di Huffington.

2. Bubur gandum dan buah

Pigott juga mengatakan bahwa sarapan yang ideal terdiri dari karbohidrat, protein dan buah-buahan dan sayuran. “Sarapan seimbang yang sangat sehat adalah gandum (tanpa tambahan), susu dan buah di atasnya, seperti pisang atau buah beri,” ujarnya.
Bunda tidak harus rumit menyiapkannya. Menu tersebut merupakan pilihan bagus dan akan membuat anak tetap semangat dan berenergi hingga tengah hari.

3. Telur

Jika Bunda mencari menu sarapan yang kaya akan protein, olahan yang berbahan dasar telur adalah jawabannya. Bunda bisa membuat omelet atau menjadikannya isian roti tawar.
Bila Bunda punya cukup banyak waktu yang tersedia, Bunda bisa membuat campuran tahu telur kukus sayuran. Asupan protein yang tinggi dalam menu tersebut akan membuat si kecil kenyang lebih lama dan penting untuk menumbuhkan kemampuan otaknya.[SFJ]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini