Sudah Lakukan Berbagai Cara, Barat Badan Tak Kunjung Turun, Ini Penyebab

0
143

Jika Anda sudah melakukan olahraga sedemikian rupa, seperti berlari, dengan upaya mampu membakar 100 kalori per mil. Juga dengan metode olahraga lainnya, dengan upayanya yang juga sama, untuk membakar kalori, atau lemak dalam rubuh,tapitidak kunjung membuahkan hasil.
Ketahui penyebabnya? Seperti dikutip Very Well Fit, berikut penjelasannya.

1. Terlalu Banyak Asupan Kalori

Olahraga memang membuang kalori, tetapi setelahnya nafsu makan akan meningkat karena tubuh memerlukan kalori untuk membuatnya tetap bertenaga. Namun kalau Anda tidak berhati-hati, apalagi sampai berlebihan memberi ‘reward’ atas olahraga yang dilakukan, berat badan bukannya turun yang ada malah naik!

2. Mengalami Peningkatan Massa Otot

Otot lebih padat dibanding lemak. Sementara lemak tubuh berkurang selama rutin berlari, massa otot akan meningkat seiring terbentuknya kekuatan dan stamina tubuh. Jadi, meskipun berat badan Anda tak kunjung turun, jika massa otot meningkat dan lemak tubuh turun sebenarnya ini berarti baik karena bentuk tubuh Anda jadi lebih kencang dan seksi, lho.

3. Mengalami Peningkatan Massa Air

Ini sering terjadi ketika Anda latihan untuk lomba lari sehingga otot stres. Akibatnya tubuh ‘menadah’ air untuk memperbaiki serat-serat yang rusak saat latihan dan agar bisa mengantarkan energi (dalam bentuk glycogen) lebih efektif ke otot. Tubuh juga bisa mengalami peningkatan massa air akibat kelebihan garam diet, reaksi PMS, pemakaian anabolic steroid dan obat-obatan berbasis hormon seperti pil KB.

4. Tubuh Beradaptasi Dengan Olahraga Yang Dilakukan

 

 

Semakin sering kita melakukan latihan yang sama, misalnya rutin berlari, maka hal itu lama kelamaan akan terasa semakin mudah. Akibatnya tubuh tidak ‘terlatih’ untuk semakin kuat, apalagi menurunkan berat badan seperti saat awal melakukannya. Sebaliknya, justru pada saat ini tubuh telah beradaptasi dengan porsi latihan itu sehingga berat badan menjadi stabil.

5. Terlalu Banyak Latihan

Selain keempat penyebab di atas, terlalu banyak berlari juga bisa membuat berat badan tak kunjung turun. Bahkan jika Anda berlari setiap hari dan melakukan diet rendah kalori di saat bersamaan, tubuh akan bereaksi seakan-akan sedang kelaparan. Pada akhirnya berlari malah akan menambah stres pada tubuh sehingga mengeluarkan hormon kortisol. Efeknya bukannya penurunan berat badan yang Anda dapat, melainkan bad mood, lemak tubuh yang meningkat, dan tentunya kenaikan berat badan.
Sedemikianpun latihan yang terartur itu penting untuk melatih tubuh agar tetap bugar. Namun mengimbanginya dengan istirahat cukup serta gizi seimbang yang dibutuhkan tubuh juga tak kalah penting. Bagian paling sulit sepertinya saat harus menahan diri untuk ngemil setelah berlari itu.

Oleh: Amha Eri

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini