Rasanya Memang Pahit, Tapi Inilah Khasiat Pare Sesungguhnya Untuk Anda

0
64
Sumber Gambar: cnnindonesia.com
Ini adalah salah satu sayuran yang kita semua enggan untuk memakannya.Rasanya yang pahit tak tertahankan,tapi ternyata di balik kepahitannya, dalam penelitian sains memiliki cerita yang berbeda. Sayuran ini adalah salah satu makanan tersehat yang bisa Anda miliki. Di lansir dari laman hellosehat.com,Pare atau Momordica charantia sering menjadi buah pelengkap saat menghidangkan siomay atau sayuran lainnya. Rasanya yang pahit membuat banyak orang mungkin tidak menyukainya. Simak terus artikel ini untuk mengetahui berbagai manfaat dari sayur pare.
Sumber Gambar: cnnindonesia.com
Pare mengandung berbagai vitamin, seperti vitamin A. C, E, B1, B2, B3, B9. Selain itu pare juga mengandung mineral seperti kalium, kalsium, zinc, magnesium, fosfor, dan zat besi, serta mengandung antioksidan seperti fenol, dan flavonoid. Nutrisi di dalamnya membuat pare menjadi buah yang kaya akan manfaat. Berikut berbagai manfaat pare untuk kesehatan tubuh Anda.
  1. Mengendalikan gula darah
Pare memiliki sifat yang berfungsi seperti insulin, yang membantu membawa glukosa ke dalam sel untuk energi. Karena sifat ini, pare bisa membantu menurunkan gula darah. Konsumsi pare dapat membantu sel-sel Anda mendapatkan glukosa sebagai makanan. Selain itu, pare juga mampu mencegah penumpukkan glukosa dalam darah dan memindahkannya ke hati, otot, dan jaringan lemak. Meski begitu pare bukanlah perawatan atau obat yang disetujui untuk pradiabetes atau diabetes, meskipun ada penelitian bahwa pare dapat mengelola gula darah.
  1. Meningkatkan kekebalan tubuh
Pare mengandung antioksidan yang berlimpah, salah satunya vitamin C. Antioksidan membentuk pertahanan terhadap benda asing yang akan merusak tubuh.Antioksidan menyerang radikal bebas di dalam tubuh dan menghilangkan senyawa berbahaya lainnya yang dapat menyebabkan sejumlah penyakit.
  1. Menjaga kesehatan mata
Pare mengandung flavonoid seperti α-karoten, β-karoten, lutein, dan zeaxanthin, yang mampu meningkatkan kesehatan mata Anda. Sehingga, manfaat pare lainnya adalah dapat meningkatkan penglihatan, terutama di malam hari, serta memperlambat degenerasi makula. Senyawa ini berperan dalam melawan efek penuaan, menghilangkan radikal bebas dan spesies oksigen reaktif yang dapat menyebabkan banyak komplikasi.
  1. Meredakan asma
Pare dapat membantu mengurangi gejala yang ditimbulkan oleh kondisi pernapasan tertentu seperti asma, bronkitis, dan demam.Pare memiliki sifat antihistamin, antiinflamasi, dan antivirus, yang membuat pare menjadi makanan tambahan yang ideal dalam menjaga kesehatan pernapasan.
  1. Mengobati masalah kulit
Pengobatan tradisional Tiongkok telah menggunakan pare sebagai pengobatan untuk masalah kulit.Senyawa antifungi dan antibakteri yang ada dalam pare melawan banyak infeksi kulit termasuk kurap, kudis, dan bahkan psoriasis. Pare menghentikan aktivitas guanylate cyclase yang dapat memperburuk psoriasis.
  1. Membantu mengobati HIV dan Herpes
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa komposisi fitokimia pada pare dapat menghambat aktivitas virus human immunodeficiency. Pare memberikan efek tambahan dalam kombinasi dengan pengobatan AIDS.Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa pare, dengan sifat antivirus, dapat membantu mengobati pasien dengan herpes simpleks virus-1 (HSV-1), dan mencegah penyebaran plak herpetik pada orang lain.
  1. Meningkatkan kesehatan tulang dan penyembuhan luka
Pare juga mengandung vitamin K, yang merupakan nutrisi penting dalam mengatur pembekuan darah normal. Vitamin K juga membantu menyebarkan kalsium ke seluruh tubuh, dengan demikian dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko mengalami patah tulang.
  1. Meningkatkan kesehatan pencernaan
Meskipun pare termasuk buah yang rendah kalori, tapi buah ini kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Serat makanan membantu pencernaan yang baik dan gerakan peristaltik makanan dan limbah yang lancar melalui sistem pencernaan. Sehingga pare baik untuk menghilangkan gangguan pencernaan dan mencegah sembelit.
Selain itu, kandungan charantin yang tinggi mampu membantu meningkatkan serapan glukosa dan sintesis glikogen Anda, yang dapat membantu menurunkan berat badan berlebih dengan mengurangi penyimpanan sel-sel lemak.
Sehat Dengan Memakan Sayur Pare
Pare adalah anggota keluarga mentimun namun pare cenderung pahit. Buah, biji, kulit, daun, dan berbagai bagian tanamannya dikenal sangat bergizi. Ekstrak pare memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, antidiabetes, anti-obesitas, anti-proliferatif, dan ramah hati.Memasukkannya ke dalam daftar makanan sehat dan baik untuk diet membuat Anda aktif dan sehat. Ada anggapan bahwa pare ini tidak aman untuk dikonsumsi manusia, tetapi ada data yang tidak cukup dan tidak meyakinkan untuk membuktikan toksisitasnya.
Studi lain baru-baru ini menunjukkan bahwa minyak biji pare dapat menguras cadangan lemak dalam tubuh Anda dengan membunuh adiposit (sel penyimpan lemak) secara selektif. Ini karena mengandung molekul aktif seperti glikosida triterpenoid, alkaloid, flavonoid, polifenol, karotenoid, dan asam lemak yang mencegah peradangan jaringan adiposa, yang sering dikaitkan dengan gangguan metabolisme.
Nah! Buat anda pembaca Makkunrai.id, jangan kawatir akan pahitnya Pare, tapi dapatkan manfaat sayur ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini