Penyebab Susah Bangun Pagi dan Cara Mengatasinya

0
23
Sumber Gambar: rid.id

Makkunrai.id – Sudah memasang waktu alarm, juga sudah berusaha tidur lebih awal, tapi masih kesulitan untuk bangun pagi. Upaya bangun pagi itu kerap gagal lantaran suka menunda alarm. Demikian banyak penelitian mencoba mencari alasan mengapa hal itu bisa terjadi. Diantaranya menyebutkan, alasan genetik juga menjadi penyebab hal itu terjadi.

Dalam penelitiannya, perusahaan pengujian DNA, 23andMe, menemukan pemrograman genetik yang berperan dalam waktu bangun manusia. Penelitian tersebut mempelajari lebih dari 1.500 orang Inggris untuk menentukan bahwa jam 7.55 pagi adalah waktu bangun genetik rata-rata di Inggris. Demikian bahwa rata-rata orang Inggris akan bangun secara alami sebelum jam 8.00 pagi, setiap hari.

Kebanyakan orang mengatur alarm mereka jauh lebih awal dari itu. Hal itu pun mengakibatkan, perasaan lelah dan kurangnya produktivitas. Alasannya, dengan mengatur alarm jauh lebih awal, akan mengganggu ritme sirkadian tubuh atau proses biologis yang menunjukkan osilasi endogen dan berulang setiap sekitar 24 jam, yang juga merupakan istilah resmi untuk jam tubuh. Demikian pun dapat membuat kita merasa tidak nyaman di awal hari.

Nha! Jika seseorang  tidak merasa lelah karenanya, itu tidak berarti dia kebal terhadap perasaan tersebut. Banyak orang mengalami kelesuan pada titik yang berbeda dalam sehari.

NHS juga telah menemukan bahwa satu dari lima peserta merasa lelah luar biasa. NHS juga telah menyarankan beberapa cara yang baik untuk membangunkan diri ketika rasa lelah mulai terjadi. Latihan olah fisik, menjadi salah satu cara utama untuk meningkatkan cadangan energi. Selain itu, ada manfaat psikologis dari olahraga, yaitu menurunkan risiko kematian dini sebesar 30 persen.

Lalu, penting pula untuk mengurangi kafein, yang menjadi cara lain yang disarankan untuk mengatasi kelelahan. Inggris, sebagai negara peminum teh, berisiko terlalu terstimulasi oleh pengaruh kafein. Peralihan dari teh ke kopi tanpa kafein juga bisa membuat perbedaan. NHS juga menyebut, membuat rutinitas baru seperti tidur siang juga dapat mengganggu ritme sirkadian tubuh. Jika kita pergi tidur setiap kali merasakan kelelahan, kita mungkin kesulitan untuk tidur di malam hari.[*]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini