Bisakah Diet Sehat Mencegah Kanker Payudara?

0
30

Makan makanan yang sehat dapat menurunkan risiko beberapa jenis kanker, serta diabetes, penyakit jantung, dan stroke. Sebagai contoh, wanita yang makan makanan Mediterania yang dilengkapi dengan minyak zaitun extra-virgin dan kacang-kacangan campuran mungkin memiliki sedikit risiko kanker payudara. Dikutip dari laman breastcancer.org, makanan Mediterania kebanyakan berfokus pada makanan nabati, seperti buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan kacang-kacangan. Orang yang mengikuti diet Mediterania memilih lemak sehat, seperti minyak zaitun, lebih dari mentega dan makan ikan daripada daging merah.

Mempertahankan berat badan yang sehat juga merupakan faktor kunci dalam pencegahan kanker payudara.

Tidak ada makanan atau diet yang dapat mencegah Anda terkena kanker payudara. Tetapi beberapa makanan dapat membuat tubuh Anda menjadi yang paling sehat, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan membantu menjaga risiko kanker payudara serendah mungkin. Dan tidak ada makanan atau diet yang dapat menyembuhkan kanker, meskipun beberapa di antaranya dapat membantu mengendalikan efek samping pengobatan atau membantu tubuh Anda sembuh setelah perawatan. Beberapa pilihan makanan dapat membantu perawatan kanker bekerja lebih efektif atau dapat membantu Anda tetap sehat. Yang lain bisa berbahaya dan dapat mengganggu perawatan dan pemulihan.

Berat badan yang sehat mengurangi risiko kanker payudara dan mencegahnya menyerang tubuh Anda.

Mempertahankan berat badan yang sehat dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara kembali. Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang mengalami kenaikan berat badan setelah didiagnosis kanker payudara memiliki risiko kambuh yang meningkat.
Studi tentang mempertahankan berat badan yang sehat dan menurunkan risiko kanker payudara pertama kali menunjukkan bahwa wanita yang kelebihan berat badan memiliki peningkatan risiko kanker payudara setelah menopause dibandingkan dengan wanita dengan berat badan yang sehat.

Diet rendah lemak dapat mengurangi risiko kanker payudara.

Percaya dan menerapkan diet rendah lemak dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara kembali. Satu studi di mana wanita hanya mendapat sekitar 25% kalori harian dari lemak menemukan risiko kekambuhan yang lebih rendah, sebagian besar pada wanita yang didiagnosis menderita kanker payudara estrogen-reseptor-negatif. Dibutuhkan lebih dari satu studi untuk mengetahui siapa yang paling mungkin mendapatkan manfaat terbesar dari perubahan pola makan tertentu. Tetapi apa pun jenis kanker yang Anda alami, Anda mungkin mendapatkan manfaat yang signifikan dengan menurunkan jumlah lemak dalam makanan Anda. Selain itu, pilihan sehat lainnya lebih memungkinkan untuk dilakukan dengan diet rendah lemak, seperti makan lebih banyak buah dan sayuran dan menurunkan berat badan. Semua perubahan ini bersama-sama dapat membantu menurunkan risiko kambuhnya Kanker Payudara kembali.

Percobaan Inisiatif Kesehatan Wanita yang besar membandingkan risiko kanker payudara pada wanita pascamenopause yang makan makanan rendah lemak dengan mereka yang terus makan makanan yang biasa mereka makan. Para peneliti tidak menemukan perbedaan signifikan dalam risiko kanker payudara antara kedua kelompok. Tetapi penelitian itu menunjukkan bahwa diet rendah lemak dapat mengurangi risiko kanker payudara pertama kali bagi wanita yang diet lemaknya sangat tinggi. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk menentukan apakah hubungan ini menjadi lebih kuat dari waktu ke waktu. Mengurangi lemak dengan makan buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian utuh dalam diet Anda akan memastikan tubuh Anda mendapatkan nutrisi yang cukup dan berkontribusi bagi kesehatan Anda secara keseluruhan. Juga, diet rendah lemak mungkin akan membantu Anda menurunkan berat badan, jika Anda mencoba melakukan itu.

Penelitian sementara tentang diet dan kanker payudara.

Studi sedang melihat hubungan antara diet dan risiko kanker payudara dan risiko kekambuhan. The Women’s Health Initiative Trial menyarankan bahwa diet yang sangat rendah lemak dapat mengurangi risiko kanker payudara. Diperlukan lebih banyak penelitian di bidang penting ini untuk wanita yang tertarik makan dengan baik untuk mengurangi risiko terkena kanker payudara.

Sementara itu, inilah yang disarankan para ahli diet:

Jaga agar berat badan Anda dalam kisaran yang sehat untuk tinggi dan berat badan Anda. Indeks massa tubuh, meskipun bukan pengukuran yang sempurna, dapat membantu Anda memperkirakan berat badan sehat Anda.
Makan banyak sayur dan buah (lebih dari 5 sehari).
Cobalah untuk membatasi asupan lemak jenuh Anda hingga kurang dari 10% dari total kalori Anda per hari, dan batasi asupan lemak Anda hingga sekitar 30 gram per hari.
Makan makanan tinggi asam lemak omega-3.
Hindari lemak trans, daging olahan, dan makanan hangus atau merokok.

Anda akan menemukan bahwa makanan olahan umumnya tidak cocok dengan jenis makanan ini seperti halnya makanan segar.

Untuk mengembangkan diet sehat yang memenuhi kebutuhan Anda, mintalah saran dari ahli diet terdaftar. Ia akan mengevaluasi riwayat kesehatan, diet, dan berat badan Anda secara menyeluruh. Kemudian ahli diet terdaftar akan bekerja dengan Anda pada rencana individual untuk memenuhi semua tujuan Anda, seperti:

menjaga risiko kanker payudara Anda serendah mungkin
memberi Anda nutrisi yang baik
membuat Anda sesehat mungkin
Tidak ada makanan atau suplemen yang secara khusus dikaitkan dengan kanker payudara.

Sementara tidak ada bukti kuat bahwa makanan atau suplemen tertentu akan menurunkan risiko terkena kanker payudara atau mengurangi risiko kekambuhannya.

Penelitian telah menunjukkan bahwa mendapatkan nutrisi yang Anda butuhkan dari berbagai makanan, terutama buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian, dapat membuat Anda merasakan yang terbaik dan memberi tubuh Anda energi yang dibutuhkan. Anda bisa mendapatkan banyak nutrisi yang Anda butuhkan dari makanan yang Anda makan. Jika Anda mempertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen, ada baiknya meminta ahli diet terdaftar untuk mengevaluasi diet Anda. Anda mungkin memerlukan sedikit lebih banyak nutrisi spesifik seperti folat atau vitamin A. Itulah sebabnya wanita baik dengan atau tanpa kanker payudara sebelumnya sering mengonsumsi banyak vitamin dan suplemen mineral. Banyak wanita juga membutuhkan suplemen kalsium untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian mereka.

Oleh: Amha Eri

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini