Beragam Cara Menurunkan Kolesterol

0
31

Ada beberapa cara menurunkan kolesterol. Salah satunya adalah dengan mengubah gaya hidup dan pola makan. cara ini dapat mempertahankan kadar kolesterol darah tetap terkendali.

Kolesterol tinggi terjadi ketika kolesterol dalam darah berada di atas tingkat normal (> 200 mg / dL). Jika ada, kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit, seperti penyakit jantung dan stroke. Untuk ini, Anda perlu tahu cara yang tepat untuk menurunkan kolesterol untuk mencegah berbagai komplikasi kolesterol tinggi.

kolestrol via alodokter.com

Cara Menurunkan Kolesterol
Selain mengambil obat sesuai anjuran dokter Anda, ada cara alami untuk menurunkan kolesterol yang Anda dapat mencoba, termasuk:

1. Perbanyak makan sayur dan buah
Untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, disarankan untuk meningkatkan konsumsi sayuran dan buah-buahan. Kandungan serat dalam buah-buahan dan sayuran dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (HDL / LDL low density). Dianjurkan untuk mengkonsumsi sekitar 500 gram buah dan sayuran setiap hari.

2. Konsumsi makanan yang kaya omega-3
Makanan yang kaya omega-3 diyakini membantu menurunkan kolesterol dan trigliserida dalam darah. pilihan makanan kaya omega-3 asam lemak yang bervariasi, di antaranya adalah ikan salmon, mackerel, tuna, sarden, walnut dan biji chia.

3. Pilih makanan rendah lemak
Jika Anda memiliki masalah kolesterol tinggi, memilih makanan rendah lemak. Anda dapat makan ikan, ayam, daging sapi tanpa lemak, susu rendah lemak, putih telur, kacang-kacangan, kacang-kacangan, tempe dan tahu. Hindari makan makanan berlemak seperti gorengan.

4. Konsumsi makanan atau minuman yang mengandung serat larut
Untuk membantu mengurangi kolesterol Anda, disarankan untuk makan makanan yang mengandung serat larut, seperti alpukat, ubi jalar, brokoli, lobak, pir, wortel, apel, kacang-kacangan, biji rami, dan gandum.

Agar lebih praktis, Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen atau minuman yang mengandung serat larut beta-glucan dan inulin. Beta glucan dapat menurunkan kolesterol jahat dan kolesterol total dalam tubuh. Meskipun inulin berguna menurunkan kolesterol total dan trigliserida dalam darah.

Ini akan lebih disukai bahwa produk minuman mengandung vitamin B1 dan B2, yang mampu mendukung pembakaran kolesterol dalam tubuh dengan energi.

5. Berolahraga secara teratur
Selain mengatur pola makan, Anda juga disarankan untuk berolahraga secara teratur. Tidak hanya membuat tubuh menjadi bugar, olahraga juga dapat mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

6. Berhenti Merokok
Rokok juga dapat mengganggu keseimbangan kolesterol dalam tubuh, jadi berhenti. Kebiasaan merokok dapat mengurangi kolesterol baik (high density lipoprotein / HDL) dalam tubuh, di samping itu, pembuluh darah juga menjadi lebih kaku. Dalam hal ini, risiko penyakit jantung dan stroke meningkat.

7. Kontrol Berat
Cara berikutnya untuk menurunkan kolesterol adalah dengan menjaga berat badan ideal. Orang yang kelebihan berat badan atau obesitas dapat memiliki kolesterol tinggi dalam tubuh. , Dianjurkan untuk menjalani diet sehat untuk menurunkan berat badan demi menurunkan kolesterol.

Tips untuk Mencegah Kolesterol Tinggi
Setelah mampu mengurangi kolesterol tinggi, Anda dianjurkan untuk mempertahankan tingkat kolesterol normal untuk tinggal. Sementara kolesterol tidak mudah untuk pergi, kita harus menerapkan pola hidup sehat secara konsisten.

Mengadopsi gaya hidup sehat tidak sulit, selama Anda merencanakan dan disiplin dalam hidup. Selain olahraga teratur, gaya hidup sehat termasuk diet yang sehat.

Sementara kadar kolesterol darah terkontrol dengan baik, kontribusi makanan batas dengan lemak jenuh, seperti daging berlemak, daging, sosis, es krim, bersantan makanan, kue dan kue-kue.

Tidak hanya itu, makanan yang mengandung gula harus dibatasi. Makanan seperti ini dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik dalam tubuh.

Ini adalah cara untuk menurunkan kolesterol tinggi yang dapat Anda lakukan, tentu saja, saat menjalani perawatan dari dokter. Dan jangan lupa, kadar kolesterol secara teratur memeriksa seperti yang diarahkan oleh dokter Anda.

Semoga bermanfaat bagi Sahabat, Makkunrai.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini