Anda Perlu Lakukan Lima Cara Ampuh Ini Untuk Melawan Risiko Kanker Payudara

0
43

Meskipun sampai detik ini tidak ada cara yang benar-benar pasti untuk menyingkirkan kanker payudara, namun ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk  menurunkan kemungkinan Anda terkena kanker payudara. Di kutip dari cancer.org, dalam kasus ini usia wanita muda cenderung belum menampakkan gejala kanker payudara yang serius sedang meringkus dirinya, seperti usia 17 dan usia sebelumnya.

Namun hapir dari kebanyakan dari kasus ini, para wanita yang menderita kanker payudara cenderung mendapatkan perubahan dan pengaruh akan timbulnya kanker tersebut bahkan jauh sebelum ia menyadari penyakitnya mulai menyiksanya. Seperti di usia produktif mereka. Usia dimana ia mesti bekerja dan mengabaikan keseimbangan waktu kerja, olah raga, dan makanan sehat lainnya.

Nah, buat para pembaca Makkunrai.id, jangan kawatir. Segera lakukan cara-cara ini agar Anda lekas terhindar dari Kanker Payudara yang berbahaya tersebut. Da berikut lima cara untuk membantu melindungi kesehatan payudara Anda:

Perhatikan berat badan Anda

Kelebihan berat badan atau obesitas meningkatkan risiko kanker payudara. Ini terutama benar setelah menopause dan untuk wanita yang mengalami kenaikan berat badan saat dewasa. Setelah menopause, sebagian besar estrogen Anda berasal dari jaringan lemak. Memiliki lebih banyak jaringan lemak dapat meningkatkan peluang Anda terkena kanker payudara dengan meningkatkan kadar estrogen. Juga, wanita yang kelebihan berat badan cenderung memiliki kadar insulin yang lebih tinggi, hormon lain. Tingkat insulin yang lebih tinggi juga telah dikaitkan dengan beberapa kanker, termasuk kanker payudara.

Jika Anda sudah memiliki berat badan yang sehat, tetaplah di sana. Jika Anda membawa pound ekstra, cobalah untuk kehilangan beberapa. Ada beberapa bukti bahwa menurunkan berat badan dapat menurunkan risiko kanker payudara. Kehilangan bahkan sedikit saja berat badan – misalnya, setengah pon per minggu – juga dapat memiliki manfaat kesehatan lainnya dan merupakan tempat yang baik untuk memulai.

Berolahraga secara teratur

Banyak penelitian telah menemukan bahwa olahraga adalah kebiasaan yang menyehatkan payudara. The American Cancer Society merekomendasikan untuk melakukan setidaknya 150 menit aktivitas intensitas sedang atau 75 menit aktivitas kuat setiap minggu. (Atau kombinasi keduanya.) Aktivitas dengan intensitas sedang berada pada tingkat jalan cepat yang membuat Anda bernapas lega. Dan jangan menjejalkan semuanya menjadi satu latihan – sebarkan saja selama seminggu.

Batasi waktu yang dihabiskan untuk duduk

Semakin banyak bukti bahwa waktu duduk meningkatkan kemungkinan mengembangkan kanker, terutama bagi wanita. Dalam penelitian American Cancer Society, wanita yang menghabiskan 6 jam atau lebih setiap hari duduk ketika tidak bekerja memiliki risiko 10% lebih besar untuk kanker payudara invasif dibandingkan dengan wanita yang duduk kurang dari 3 jam sehari, dan peningkatan risiko kanker lainnya. jenis juga.

Batasi alkohol

Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang minum 2 hingga 3 minuman beralkohol sehari memiliki risiko sekitar 20% lebih tinggi dibandingkan dengan wanita yang tidak minum sama sekali. Wanita yang minum 1 kali sehari memiliki risiko yang sangat kecil. Minum berlebihan juga meningkatkan risiko jenis kanker lainnya.

The American Cancer Society merekomendasikan wanita untuk minum alkohol tidak lebih dari 1 dalam satu hari. Minuman adalah 12 ons bir biasa, 5 ons anggur, atau 1,5 ons minuman keras.

Hindari atau batasi terapi penggantian hormon

Terapi penggantian hormon (HRT) digunakan lebih sering di masa lalu untuk membantu mengendalikan keringat malam, hot flashes, dan gejala menopause lainnya. Tetapi para peneliti sekarang tahu bahwa wanita-wanita pascamenopause yang menggunakan kombinasi estrogen dan progestin mungkin lebih mungkin mengembangkan kanker payudara. Risiko kanker payudara tampaknya kembali normal dalam 5 tahun setelah menghentikan kombinasi hormon.

Bicarakan dengan dokter Anda tentang semua opsi untuk mengendalikan gejala menopause Anda, dan risiko serta manfaatnya masing-masing. Jika Anda memutuskan untuk mencoba HRT, yang terbaik adalah menggunakannya dengan dosis terendah yang sesuai untuk Anda dan untuk waktu sesingkat mungkin.

Oleh: Amha Eri

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini